06 Maret 2010

Himpunan Mahasiswa Farmasi Untan

APOTIK HIDUP HMF



Apotik hidup HMF merupakan salah satu program pengembangan kesejahteraan Mahasiswa yang dikembangkan oleh Departemen Kesejahteraan Mahasiswa HMF FKIK UNTAN. Program ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang tanaman obat yang ada di daerah Pontianak khususnya. Apotik hidup ini dikelola oleh Departemen KESMA HMF serta dibantu oleh para mahasiswa farmasi 2009. Untuk Lebih mengetahui tentang apotik hidup ini maka redaksi mewawancarai Kepala Departenmen KESMA yaitu Dedy Gunawan Halim yang lebih sering disapa Bang Dedy. Menurut bang Dedy Apotik hidup HMF memiliki banyak sekali benefit atau keuntungan bagi mahasiswa farmasi yakni membantu mahasiswa dalam berbagai praktikum seperti Morfologi Anatomi Fisiologi Tumbuhan,selain itu Apotik hidup juga berperan dalam melaksanakan program penghijauan yang diserukan oleh banyak badan badan pemerhati lingkungan di seluruh dunia, juga ikut melestarikan tanaman obat khas Indonesia khususnya Pontianak yang mulai sulit untuk dicari, serta dari tanaman obat itu dapat dibuat berbagai simplisia yang sangat dibutuhkan para Mahasiswa.

Menurut bang Dedy Apotik hidup HMF ini akan dikembangkan lebih luas, karena menurut beliau Apotik hidup ini sangat berperan dalam proses praktikum mahasiswa Farmasi. Untuk sementara ini tanaman yang tersedia di apotik hidup HMF masih cukup sedikit, namun untuk kedepannya diharapkan tanaman obat yang terdapat di apotik hidup HMF dapat ditambah. Untuk itu pengembangan apotik hidup ini akan dilakukan pada Lahan yang ada di samping FKIK UNTAN. Namun permasalahan yang dihadapi adalah HMF adalah ketersediaan dana dan sumber daya manusia yang dapat mengolah lahan tersebut, karena dengan ukuran lahan yang cukup besar maka diperlukan biaya serta tenaga yang besar pula untuk merawat dan mengembangkannya.
Pemeliharaan apotik hidup ini akan dibantu oleh MABA 2009 sehingga diharapkan apotik hidup ini dapat berkembang dengan baik. Namun apabila lahan yang dicanangkan sudah diperoleh maka sebisa mungkin HMF akan meminta bantuan tukang kebun untuk merawat tanaman-tanaman obat tersebut, karena menurut bang Dedy basic kita bukan di pertanian sehingga agak sulit bagi kita untuk melakukan pengolahan lahan dan perawatan tanaman. Selain itu factor lain seperti waktu juga perlu dipertimbangkan, karena mahasiswa farmasi sangat sibuk sehingga ditakutkan apotik hidup akan tebengkalai.(tm)




1 comments:

Write comments
Eva Faiga
AUTHOR
10 Februari 2011 05.13 delete

sy ibu eva, umur 48 lahir th 1962.
sekarang aku udah kena penyakit kolestrol. daun2an apa yg harus aku makan, apakah anda dapat membantu saya ??

terima kasih atas bantuan bapak

Reply
avatar