04 Agustus 2011

Himpunan Mahasiswa Farmasi Untan

SEMINAR KESEHATAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT


Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama satu bulan yang dilaksanakan dari bulan Mei – Juni, kegiatan ini dibagi menjadi dua (2) jenis kegiatan yaitu Seminar Kesehatan dan juga Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan Seminar Kesehatan dan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertemakan “Meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai dunia kefarmasian melalui penyuluhan dan seminar kesehatan”. Kegiatan yag pertama kali dilaksanakan adalah Pengabdian Kepada Masyarakat, kegiatan ini berupa kunjungan ke desa. Kunjungan ke desa binaan ini dilakukan sebanyak dua kali pada hari minggu di Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap khususnya pada RT 34 dan RT 42. Kegiatan dilakukan di Sekolah Dasar Negri 04 Kuala Sungai Nenas Desa punggur Kecil. Kunjungan pertama diadakan pada tanggal 22 Mei 2011 di Sekolah Dasar Negri 04 Kuala Sungai Nenas Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap. Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan Kepala Desa, yakni Bapak Abu sedangkan Ketua Jurusan/mewakili tidak dapat hadir dikarenakan ada kegiatan lain selain acara ini. Bentuk kegiatan pada pengabdian masyarakat pada kunjungan pertama adalah menanam tanaman obat tradisional yang dilakukan di Sekolah Dasar Negri 04 Kuala Sungai Nenas dan Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap khususnya pada RT 34 dan RT 42 dan melakukan penyuluhan kepada siswa Sekolah Dasar Negri 04 Kuala Sungai Nenas.
Seminar kesehatan adalah rangkaian kegiatan dari Seminar Kesehatan dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF). Seminar Kesehatan yang bertemakan “Swamedikasi dan Produk ASPAL (Asli tapi Palsu)” ini diadakan pada hari Sabtu, tanggal 18 Juni 2011 bertempat di Ruang Amphitheatre Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak Kalimantan Barat. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat serta mahasiswa, demi meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perkembangan swamedikasi yang kini sering sekali menyimpang. Undangan yaitu masyarakat umum, undangan dari beberapa unuversitas dan akademi kesehatan yang ada di Pontianak, yakni mengundang BPOM, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Poltekes, Yarsi, Muhammadiyah, Kepala Jurusan Farmasi Kedokteran dan Keperawatan, dekan FKIK, dan Dosen farmsi. Pemateri pada seminar ini adalah Marry Oktovina D., S.Si., Apt. Setelah seminar dilanjutkan dengan diskusi interaktif bersama Ibu Marry Oktovina D., S.Si., Apt serta mengundang salah satu dosen Farmasi, yakni Bapak Robiyanto S.Farm., Apt. mengenai materi seminar yang telah disampaikan.

Kunjungan kedua juga diadakan di Desa Punggur Kecil pada tanggal 19 Juni 2011. Bentuk acara pada kunjungan kedua adalah konseling dan pemberian obat wajib apotek secara gratis bagi masyarakat yang membutuhkan dan kegiatan penyuluhan. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 04 Kuala Sungai Nenas Desa punggur Kecil. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada masyarakat tentang peran seorang apoteker serta memberikan pengobatan dan pelayanan konseling kepada masyarakat yang membutuhkan serta menerapkan ilmu farmasi demi pengabdian kepada masyarakat. Dosen yang bertugas pada konseling adalah Robiyanto S. Farm., Apt; Iswahyudi S.Si.,Apt.,Sp.FRS; M. Akib Yuswar M. Sc., Apt dan Bambang Wijiyanto M. Sc., Apt.,

Setelah kegiatan konseling dilanjutkan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat Desa Punggur Kecil mengenai tanaman herbal, penggunaan dan cara pembuatannya. Tujuan dari kegiatan ini adalahvmemberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang penggunaan tanaman herbal sebagai obat tradisional, cara pembuatan yang tepat serta manfaat dari tanaman tersebut sehingga masyarakat dapat memanfaatkan tanaman – tanaman obat disekitar secara maksimal. Penyuluhan ini bertemakan “Tanaman Herbal dan Cara Pemanfaatannya”. Penyuluhan ini disampaikan oleh salah seorang Dosen Farmasi Bapak Hafrizal Riza S. Farm., Apt dan ditutup dengan hiburan dari panitia.